Menurut WHO inkubasi Virus Covid 19 terjadi umumnya sekitar 5 hari hal ini juga didukung oleh riset-riset yang telah dilakukan. WHO juga menetapkan waktu dari mulai terpapar virus hingga menimbulkan gejala ialah rentang 2 sampai 14 hari. Dalam masa inkubasi biasanya manusia akan merasakan demam, batuk, dan sesak napas. Hal tersebut yang menyebabkan masyarakat dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari semenjak adanya dugaan kuat terpapar Covid 19. Dalam hal ini jika baru berpergian dari wilayah pandemi, kontak dengan orang yang positif, ataupun yang telah dites positif namun masih memiliki gejala ringan.

Baca Juga :

Setidaknya ada 3 kondisi dari orang yang positif Covid 19 yaitu :

  • Tidak mengalami gejala sakit apa pun. Kondisi ini menandakan bahwa sistem imun tubuh cukup kuat melawan virus covid 19. Namun orang dengan kondisi ini tetap harus melakukan isolasi mandiri dikarenakan memiliki potensi untuk menularkan Virus Covid 19 ke orang lain.
  • Mengalami Gejala Penyakit Yang Ringan. Biasanya orang dalam kondisi ini merasakan demam, batuk, dan lemas namun tidak mengalami keadaan sesak nafas.
  • Mengalami Gejala Penyakit Berat. Orang dalam kategori ini umumnya mengalami demam lebih dari 30 derajat celcius, Sesak nafas. Dalam kondisi ini pasien harus mendapatkan pertolongan Medis segera apalagi jika disertai dengan adanya penyakit bawaan lain seperti Jantung, Asma, Kanker, dan diabetes.

Menurut riset diketahui sebanyak kurang lebih 90 persen manusia dengan tidak memiliki sakit bawaan akan sembuh dari infeksi covid 19.

Tinggalkan Balasan