Pohon aren atau enau dengan nama latin Arenga pinnata Merr dikenal hampir diseluruh wilayah nusantara. Sebagian besar dari bagian tanaman (daun, umbut, bunga, akar, ijuk, batang,kawul dan Buah bisa dimanfaatkan.

Air aren atau juga disebut tuak manis ialah minuman isotonik, tuak bisa diminum untuk mengantikan cairan karbohidrat, eloktrolit dan mineral dalam tubuh dengan cepat karen dapat diserap tubuh dengan baik.

Pada prinsipnya minuman isotonik bermanfaat mencegah dehidrasi juga memberikan energi yang bisa diproses oleh tubuh dengan baik.

Baca Juga :

Manfaat dari tuak manis bagi kesehatan :

  1. Bagi penderita diabetes, dapat menetralisir gula darah
  2. Mmbantu mengobati haid yang tidak teratur
  3. Mengobati Radang paru-paru
  4. Mencegah Sembelit, pemicu utama yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit sembelit adalah sedikitnya kandungan serat di dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Tuak sendiri diketahui mengandung tinggi serat.
  5. Memperkuat jaringan otot tubuh
  6. Menjaga kebugaran tubuh
  7. Mengandung Antioksidan, Minuman tuak juga dipercaya sebagai penurun demam pada anak.
  8. Melancarkan ASI, minuman ini jugadipercaya baik dikomsumsi oleh ibu yang sedang menyusui karena dapat membantu produksi ASI yang melimpah.
  9. Mengobati Ginjal. Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid pernah mengatakan bahwa minuman memiliki khasiat menyegarkan tubuh dan juga bisa mengobati penyakit ginjal.
  10. Mеnjаgа Kеѕеhаtаn Tulаng dаn Gigi 

2 Replies to “Khasiat dan Manfaat Tuak Manis”

Tinggalkan Balasan