Batak merupakan rumpun suku-suku yang mendiami hampir seluruh wilayah Sumatera Utara. Kerap sekali orang menganggap bahwa Kata Batak hanya tertuju pada suku Toba saja, padahal Batak tidak hanya diwakili oleh saty suku Toba saja. Sehingga menjadi tepat jika tidak ada budaya dan bahasa Batak, melainkan budaya dan bahasa Toba, Karo, Simalungun dan suku-suku lain yang serumpun dengan Batak.

Mayoritas agama yang dianut oleh suku batak ialah Kristen Protestan,katolik,Islam, dan aliran kepercayaan lain seperti parmalim.

Suku batak diketahui memiliki 6 sub suku, yaitu Batak Toba, Batak Karo,Batak Mandailing, Batak Pakpak, Batak Angkola dan Batak Karo. Orang Batak merupakan penutur bahasa dari Austronesia dimana bahasa dan terdapat bukti-bukti arkeologin yang menunjukkan bahwa orang yang berbahasa Austronesia dari Taiwan telah berpindah ke wilayah negara Filipina dan Indonesia pada sekitar 2.500 tahun lalu di jaman batu muda atau Neolitikum.

Baca Juga :

Namun, belum diketahui secara pasti persisnya nenek moyang dari orang Batak pertama kali ada di daerah Tapanuli. Karena hingga saat ini belum ada artefak Neolitikum yang telah ditemukan di wilayah persebaran Suku Batak, maka bisa disimpulkan bahwa nenek moyang Batak yang baru bermigrasi ke Sumatera Utara dilakukan si zaman logam.

Ada sebuah mitos yang juga memiliki berbagai macam versi, mengenai asal usul dari suku Batak. Konon katanya ada suatu daerah namanya Pusuk Buhit, salah satu puncak dataran tinggi di daerah barat Danau Toba yang merupakan tempat kelahiran bangsa Batak. Ada juga mitos yang mengatakan bahwa orang batak berasal dari samosir.

Terbentuknya berbagai macam marga dalam suku batak disebabkan oleh adanya migrasi keluarga-keluarga suku batak kedaerah lain di Sumatera Utara.

One Reply to “Mengenal 6 Rumpun Suku Batak”

Tinggalkan Balasan