Virus Corona menjadi momok yang cukup besar, dikarenakan tingkat penularan yang ditimbulkan sangat tinggi. Sehingga dibutuhkan alat yang digunakan untuk melindungi diri dari paparan zat dan virus berbahaya. Berikut Alat Pelengkap Diri (APD) yang harus digunakan oleh petugas kesehatan/medis ketika bertugas merawat pasien yang terpapar zat berbahaya ataupun virus.

Baju Pelindung

Baju pelindung yang sesuai digunakan merupakan baju pelindung yang sangat tertutup sehingga dapat menekan resiko tertular penyakit yang mudah menular. Baju ini mirip dengan baju yang dipkai oleh astronot, bertujuan untuk melindungi bagian tubuh dari percikan darah ataupun juga percikan cairan berbahaya.

Umumnya, Alat Pelindung Diri ini (APD) dikenakan oleh petugas kesehatan/medis saat menangani kasus wabah penyakit infeksius tertentu. Baju ini didesain menyatu dari mulai bagian kaki sampai bagian kepala hal ini dimaksudkan sehingga penggunaan lebih praktis baik pada saat dipakai maupun saat dilepas.

masker wajah

fungsi dari masker wajah hampir sama dengan baju pelindung yaitu melindungi bagian tubuh dari percikan darah ataupun juga percikan cairan berbahaya. Biasanya masker wajah menutupi bagian mulut dan hidung yang merupakan bagian paling sensitif.

Kacamata

Kacamata berfungsi untuk melindungi mata petugas dari resiko paparan virus ataupun zat yang berbahaya yang berasal dari luar.

Sarung Tangan

Penggunaan sarung tangan bertujuan untuk melindungi petugas medis dari paparan zat ataupun virus berbahaya. Penggunaan sarung tangan akan membantu petugas kesehatan sehingga lebih leluasa saat memegang sesuatu saat bertugas. Pemakaian dari sarung tangan ini dianjurkan dipakai sekali.

Sepatu Boot

Sepatu boot berfungsi melindungi kaki dari paparan zat yang berbahaya, darah, dan juga cairan atau udara yang mengandung banyak patogen, pemakaian sepatu boot juga bisa membantu petugas medis melindungi kakinya dari terkeda benda tajam. Sepatu boot membuat pergerkan ataupun mobilisasi petugas kesehat menjadi leluasa.

Penutup Kepala

Penutup kepala berfungsi mengurangi resiko paparan zat berbahaya ke bagian kepala.

Pengunaan dari alat pelindung diri diatas memiliki protokol sendiri. Penggunaan yang tidak benar malah akan memperbesar kemungkinan terpapar zat ataupun virus berbahaya. Oleh sebab itu menjadi sangat petung untuk mengukuti cata pemakaian Alat Pelindung Diri yang benar.

One Reply to “Alat Pelindung Diri Virus Corona Bagi Petugas Medis”

Tinggalkan Balasan