Virus

Virus merupakan suatu mikroorganis mepatogen yang bisa menginfeksi sel dari makhluk hidup. Dan ciri paling khas Virus hanya bisa melakukan replikasi saat berada di dalam sel makhluk hidup itu sendiri hal ini karena virus tidak mempunyai media untuk bereproduksi sendiri. Semua kehidupan juga bisa diinfeksi virus.

COVID-19

COvid – 19 ataupun Coronavirus Disease 2019 atau penyakit VirusCcorona 2019. CO merupakan singkatan dari corona, sedangkan VI merupakan singkatan dari Virus, dan D mempunyai arti disease ataupun penyakit. Sementara, angka 19 ialah tahun di mana virus pertama kali ditemukan yakni pada tahun 2019. Covid-19 disebabkan oleh proses infeksi dari virus yang disebut Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 atau SARS-CoV-2.

Karantina

Sebuah cara yang dipakai untuk memisahkan dan juga membatasi pergerakan dari orang sakit dengan orang sehat yang diduga kuat menderita penyakit menular (Corona), untuk melakukan pemantauan apakah mereka benar-benar telah positif terinfeksi.

Isolasi

Meruoakan Sebuah upaya untuk memisahkan antara orang sakit atau yang menderita penyakit menular dengan orang sehat, hal ini bertujuan agar mencegah penyebaran penyakit lebih meluas/masif.

Social Distancing

Cara yang dipakai/dianjurkan untuk menjauhi keramaian, menghindari sedini mungkin pertemuan massal/ramai, dan juga menjaga jarak yang aman penularan antar manusia. Jarak aman yang dianjurkan ialah sekitar dua meter antar manusia. Cara ini dianggap paling efektif untuk pecegahan penyakit virus Corona.

Lockdown

Merupakan Sebuah kondisi di mana orang tidak diberikan izin untuk masuk ataupun meninggalkan gedung/tempat tinggal atau area tertentu dikarena sebuah keadaan yang dianggap darurat. Diindonesia sendiri masih menjadi bahan perdebatan apakah Indonesia perlu dilakukan Lockdown ataupun tidak.

Epidemi

Penyebaran sebuah penyakit dengan kuantitas banyak atau masif yang menyerang dengan sangat cepat.

Pandemi

Merupakan Penyakit yang menyerang manusia dalam jumlah yang banyak dan juga terjadi di berbagai tempat. Secara singkatnya pandemi merupakan bentuk epidemi yang tersebar diberbagai tempat.

Endemi

Merypakan Penyakit yang menjangkit manusia dalam jumlah yang besar, terjadi di dalam suatu wilayah tertentu ataupun populasi tertentu.

Self-limiting Disease

Merupakan suaru penyakit yang gejalanya dimungkinkan bisa sembuh sendiri. Namun bukan berarti bahwa perawatan medis akan tidak berpengaruh untuk proses penyembuhan yang lebih cepat.

Superspreader (Penular Super)

Ini merupakan sebutan bagi manusia yang bisa menyebabkan orang lain sakit atau tertular penyakit dengan jumlah yang jauh lebih besar dari biasanya.

ODP (Orang Dalam Pemantauan)

Semua orang yang sudah diyakini atau diduga kuat terjadi proses penularan antar sesama manusia. Pemantauan ini dimaksudkan sebagai bentuk antisipasi apabila manusia tersebut sudah terpapar sakit, sehingga dapat dengan cepat dilakukan pengecekan atau pemeriksaan.

PDP (Pasien Dalam Pengawasan)

Ini merupakan kondisi pasien yang dalam keadaan sakit namun masih perlu pengawasan apakah pasien merupakan penderita penyakit menular tertentu.

Suspect

Apabila PDP sebelumnya memiliki riwayat kontak/terpapar dengan orang lain yang telah positif COVID-19 maka dia akan ditetapkan menjadi suspect.

Imported Case

Orang atau Pasien tertular saat berada diluar negeri ataupun setelah dia melakukan perjalanan.

Tinggalkan Balasan