Tifus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thypii dan parathypii. Tifus bisa disebabkan oleh sanitasi yang kurang baik dan juga bisa ditularkan melalui makanan dan minuman yang mengandung bakteri Salmonella thypii dan parathypii.

Tifus dikatakan bisa menyebabkan kematian akibat infeksi yang telah menyebar, pneumonia, perdarahan hebat dan kebocoran pada saluran cerna. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja baik anak-anak hingga lanjut usia.

Pengobatan medis umumnya digunakan untuk mengobati tifus adalah dengan menggunakan antibiotik untuk membunuh bakteri Salmonella penyebab tifus. Juga dibutuhkan pengobatan pendukung lain, seperti istirahat total (bedrest), perbanyak mengkonsumsi cairan dan makanan yang bergizi.

Jika diberikan penanganan yang tepat biasanya penderita tifus bisa sembuh dalam kurun waktu 7 sampai 10 hari.

Baca Juga :

Ektrak Cacing Tanah

Sebagian masyarakat awam percaya bahwa ekstrak dari Cacing terutama cacing tanah bisa menyembuhkan penyakit tifus.

Bukan semata mata kepercayaan akan manfaat cacing muncul begitu saja. Bangsa cina,kore, dan negara asia lainnya bahkan sejak jaman dulu sudah menggunakan cacing dalam pwmbuatan obat herbal.

Padahal jika dilihat dari berbagai hasil penelitian pengaruh ekstrak cacing tersebut tidak cukup signifikan.

Ada penelitian dilakukan oleh sebuah tim yang dipimpin Septianda dari Departemen Mikrobiologi dan Farmakologi Universitas Airlangga. Hasil penelitian terswbut  menyatakan bahwa sampai kepada konsentrasi 3200 mg/ml, Lumbricus sp. tidak menunjukan adanya aktivitas antibakteri terhadap Salmonella thypii (bakteri penyebab Typus).

Hal senada lain dengan penelitian yang dilakukan oleh Purwitanto Dkk, yang dipublikasikan di Journal of Indonesian Medical Association pada tahun 2013 lalu . Hasilnya, bahwa penambahan ekstrak cacing Lumbricus sp. pada pasien yang diberikan antibiotik siprofloksasin tidak memberikan efek bermakna terhadap kesembuhan pasien penderita sakit tifus.

Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa ekstrak cacing tidak memiliki manfaat yang signifikan dalam mengobati penyakit tifus.

Mengikuti anjuran ataupun saran dokter menjadi sangat penting demi kesembuhan pasien tifus. Hal tersebut agar pasien terhindar dari kemungkinan yang tidak baik dari penggunaan obat obatan yang belum teruji secara klinis.

Tinggalkan Balasan