Pisang merupakan buah yang sangat populer di masyarakat. Selain mudah ditemukan pisang juga memiliki ragam manfaat juga bisa diolah menjadi berbagai bentuk kuliner lezat seperti Pisang Goreng, Kolak,Cake, Bolu, dll.

Selain rasanya yang nikmat pisang juga memiliki kandungan zat yang baik untuk tubuh. Pisang diketahui memiliki banyak serat, antioksidan dan vitamin yang baik bagi tubuh. Pisang juga bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Dibalik kebaikannya, ternyata pisang pada kondisi tertentu dilarang dikonsumsi oleh manusia. Pisang diketahui memiliki kandungan Kalium yang tinggi sehingga bagi penderita penyakit ginjal disarankan tidak mengkonsumsi pisang. Tapi tidak semua penderita penyakit ginjal tidak boleh mengkonsumsi ginjal. Memang umumnya pasien gagal ginjal memiliki kadar Kalium yang tinggi. Tapi Larangan hanya berlaku bagi penderita penyakit ginjal yang memiliki kadar Kalium dalam darah diatas batas normal yaitu 3,5-5 mEq/L.

Oleh sebab itu perlu pemeriksaan lebih lanjut bagi penderita Penyakit ginjal untuk menentukan keputusan bisa tidaknya untuk mengkonsumsi pisang. Namun bagi penderita Ginjal yang memang tidak secara rutin melakukan pengecekan maka disarankan untuk menghindari mengkonsumsi Pisang. Hal ini sebagai upaya pencegahan agar nantinya tidak timbul masalah yang tidak diinginkan.

Salam Sehat.

Tinggalkan Balasan