Kali ini saya coba berbagi pengalaman mengenai kondisi dimana anak saya yang berumur 8 bulan terkena Demam Berdarah.

Hari Pertama Demam

Demam di hari pertama berada di suhu yang cukup tinggi hingga 39 C. Kami memutuskan untuk memeriksakan bayi kami kedokter spesialis anak. Selesai di periksa dokter kami hanya diberi kan obat penurunan demam dan alergi.

Hari Kedua

Demam bayi hilang dan obat tetap dikonsumsi.

Hari Ketiga

Pada hari ketiga panas anak kembali naik dan kami memutuskan untuk kembali memeriksakan bayi kami kedokter spesialis anak. Setelah dicek dokter menganjurkan melakukan pengecekan darah. Kami segera menuju Rumah Sakit Untuk melakukan pengecekan darah. Setelah melakukan pengecekan darah hasilnya dikatakan normal atau negatif. Setelah mengetahui hasilnya kami pulang kembali kerumah.

Hari ke Empat

Pada hari keempat panas pada bayi kami kembali naik. Karena beberapa saran dari keluarga dan teman kami memutuskan untuk memeriksan kembali bayi kami tapi ke dokter dan rumah sakit berbeda yang lebih “Bagus”. Pada malam hari diketahui hasil testnya positif demam berdarah dan harus menjalani perawatan dirumah sakit karena jumlah trombositnya berada dibawah batas normal. Jumlah trombosit yang normal dalam darah ialah sekitar 150.000 hingga 400.000 trombosit per mikroliter (mcL).

Hari Kelima Sampai Kedelapan

Masa perawatan dirumah sakit. Masa ini menjadi masa yang paling sulit dikarenakan diantara rentang hari tersebut merupakan masa kritis. Banyak juga tantangan yang kami alami. Mulai dari masalah gerak bayi yang terkadang ingin melepas jarum Infus hingga proses menggantikan baju. Sebagian besar obat masuk melalui infus. Paracetamol cair hampir setiap hari diberikan.

Hari Kesembilan

Pada hari kesembilan dilakukan test darah untuk mengetahui jumlah trombositnya. Tes dilakukan pada pagi hari dan hasil baru diketahui pada siang harinya. Setelah diketahui hasilnya trombosit anak saya sudah mengalami kenaikan yang signifikan. Berdasarkan hasil test tersebut anak saya diperbolehkan pulang oleh dokter.

Tambahan Obat Yang Kami Berikan Menaikkan Jumlah Trombosit.

  • Jus Jambu Merah
  • Rebusan Beras Merah Angkak
  • Sup daging Anjing (bagi yang beragama tertentu)

Semoga share pengalaman saya bisa bermanfaat bagi pembaca.

Salam.

Tinggalkan Balasan