Tanaman Daun Dewa atau Daun Sambung Nyawa

Read Time1 Minute, 3 Second

Daun Dewa (Gynura divaricata) merupakan salah satu dedaunan yang bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah ataupun sebagai lalapan pendamping makanan utama. Daun dewa memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kalau di negara China tanaman dewa sering disebut dengan Samsit oleh orang China.

Bagian yang sering digunakan sebagai pengobatan yaitu daunnya. Daun dewa memiliki panjang daun mencapai 20 centimeter dengan lebarnya sampai 10 centimeter. Daun yang memiliki bulu halus ini memiliki bentuk ujung yang lancip dan hampir seluruhnya berwarna hijau keunguan. Tanaman dewa tumbuh di ketinggian 200 sampai 800 meter di atas permukaan laut. Cara perkembanganbiakan tanaman dewa dengan cara stek batang.

Tanaman ini jika dibudidayakan mudah diserang hama, hamanya berupa kutu putih ataupun ulat.

Dalam daun dewa diketahui juga mempunyai kandungan senyawa seperti flavonoid, minyak atsiri serta saponin. Kandungan-kandungan tersebut menjadi salah satu faktor daun dewa dijadikan alternatif pengobatan oleh pakar kesehatan.

Mengonsumsi obat herbal berupa jamu rebusan sendiri dirumah relatif lebih aman jika dikonsumsi, hal tersebut dikarena zat-zat toxic yang terkandung didalam jamu herbal telah mengalami perubahan struktur kimia.

Manfaat Tanaman Sambung Nyawa

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi daun dewa sebagai berikut :

1. Manfaat Daun Dewa Sebagai Obat Herpes
2. Sebagai Obat Hipertensi
3. Obat Diabetes
4. Obat Stroke
5. Herbal Antikanker
6. Untuk Luka Memar
7. Untuk Menghentikan Pendarahan
8. Mencegah Pembekuan Darah
9. Untuk Tuberculosis

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close