Ragam Khasiat Minyak Karo

Read Time3 Minutes, 13 Seconds

Mnfaat minyak gosok ialah untuk mengobati penyakit rematik, asam urat, kesemutan, masuk angin, keseleo, nyeri otot dan juga gatal-gatal. Kemudian, juga bisa mengobati luka yang berat seperti patah tulang, tulang remuk dan luka akibat benda tajam.

Salah satu minyak gosok yang cukup terkenal di indonesia ialah minyak gosok khas Tanah Karo, minyak karo dianggap berperan dalam pemulihan otot pebulutangkis putra, Anthony Sinisuka Ginting.

Masih teringat jelas kejadian dalam pertandingan pertama babak final bulutangkis beregu putra Asian Games 2018, saat salah satu pebulu tangkis indonesia Anthony menyerah dari Shi Yu Qi disebabkan kram otot pada paha kaki sebelah kiri.

Ibu anthony yang juga turut menyaksikan dari Bandung pun langsung menelepon dan segera berangkat menuju Jakarta dengan membawa obat gosok khas tanah Batak Karo tersebut.

Minyak karo inilah yang kemudian diberikan pada sang anak untuk memulihkan kondisi otot paska cidera.

Anthony akhirnya mengikuti saran sang Ibu dan berhasil melaju hingga sampai babak semi final bulutangkis nomor perorangan. Anthony pun mengakui bahwa kondisi kakinya sudah menjadi jauh lebih baik, entah karena minyak tersebut atau tidak.

Khasiat /Manfaat

Bagi Orang Dewasa :

  • Masuk angin /mual dan muntah2                                       
  • Meriang /ga enak badan /pegal2 / kebas2
  • Luka sayatan benda tajam/tertusuk paku berkarat
  • Terkena siraman air panas/minyak panas
  • Terkilir /keseleo /salah urat
  • Benturan /bengkak /terjepit /luka terjatuh
  • Sakit pinggang /rematik /asam urat
  • Wasir /ambeyen (dioleskan kedubur)
  • Gatal2 /digigit serangga /tersengat hewan berbisa

Bagi Balita :

  • Menguatkan otot dan tulang bayi
  • Membuat bayi sehat,kuat dan cepat bisa berjalan
  • Membantu menyembuhkan masuk angin/mual/muntah2
  • Mengusir Panas/demam anak
  • Menyembuhkan/mengatasi perut kembung pada bayi
  • Meningkatkan nafsu makan anak
  • Membantu bayi tidur lelap dan nyaman
  • Gatal2 alergi/digigit serangga /hewan berbisa
  • Meningkatkan imunitas bayi

Minyak Khas Asal Karo

Minyak gosok khas Karo merupakan minyak tradisional berasal dari suku Batak Karo yang diracik secara tradisional dan sudah sangat dikenal secara turun temurun di daerah Sumatera Utara.

Oleh orang-orang Karo sendiri, minyak ini sering disebut “minyak pengalun” yang artinya minyak pijat.

Cara pemakaiannya cukup dengan dibalurkan atau dipijat. Terbuat dari bahan alami dan tahan disimpan lama walau tanpa bahan kimia dan pengawet.

Meskipun bahan utama yang digunakan pada umumnya sama dengan minyak gosok tradisonal, tetapi menjadi mujarabnya berasal dari tangan herbalis yang meraciknya.

Kualitas minyak yang istimewa hanya bisa diperoleh dari orang-orang tertentu, seperti herbalis asli suku Karo atau turunannya yang biasanya memiliki racikan tersendiri dengan berbagai ramuan tambahan yang hanya diturunkan ke sedikit orang.

Secara umum bahan bahan yang digunakan adalah rempah-rempah, akar-akaran, dan minyak kelapa.

Bahan-bahan rempah seperti buah pala, minyak kelapa hijau, kencur, lada, rempah ratus, kemangi, akar pinang, panglai, sarang wallet, jambar api, tawar gegeh, tawar ipuh, bulung nilam, akar riman, akar bambu, alang-alang, kunyit, pinang akar pengkih, gagaten harimau, akar enau, daun kapal kapal, daun jeruk purut, bawang merah dan bawang putih.

Minyak gosok Karo ini bisa digunakan untuk semua umur, mulai orang tua hingga anak-anak.

kaum ibu di tanah Karo juga lebih terbiasa memberi bayi dan anak-anak mereka dengan minyak Karo dibanding minyak telon ataupun baby oil.

Khasiat dari minyak Karo dapat menguatkan tulang dan otot bayi sehingga anak bisa tumbuh sehat, lincah, kuat dan cepat bisa berjalan.

Tumbuhan obat ialah bagian dari hasil Hutan Non Kayu, salah satu di antaranya seperti kembang sepatu sebagai obat demam, Minyak kemenyan sebagai obat gatal-gatal, Kayu rotan mujarab sebagai obat sakit perut, daun meniran digunakan sebagai antibiotik, pegaga untuk menurunkan kadar gula, dan lainnya.

Daerah Lain Yang Memiliki Minyak Gosok Khas

Beberapa daerah di Indonesia yang juga memiliki ramuan minyak gosok tradisional lain adalah Makasar, Bali, suku Dayak di Kalimantan, Papua dan sebagainya.

Minyak urut khas Dayak Kalimantan, contohnya, yang terbuat dari akar-akar tumbuhan dan bahan herbal pilihan seperti akar saluang belum, ginseng hutan, akar paku atei, akar supa, batang sirih dan juga sereh serta palawija.

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close