Jahe merupakan salah satu tanaman herbal paling terkenal. Tanaman jahe memiliki beberapa macam jenis, salah satunya merupakan jahe merah.

Jahe merah banyak digunakan sebagai bahan membuat jamu dikarenakan jahe memiliki aroma yang tajam dan juga mengandung lebih banyak kandungan minyak esensial dibandingkan dengan jahe lainnya.

Selain minyak esensial yang terdapat jahe merah juga mengandung beberapa senyawa seperti gingerol, zingerone, shogaol, minyak dammar, pati, asam organik, asam malat, gingerin, zingerberin, dan lainnya.

Tanaman jahe mengandung banyak senyawa aktif, sehingga tidak mengheranan jika jahe merah memiliki banyak manfaat yang luar biasa.

Manfaat Jahe Merah

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Dengan mengonsumsi jahe secara rutin dan teratur diketahui dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ekstrak jahe merah jika diseduh ataupun dibuat teh dapat mencegah dan membunuh bakteri yang berbahaya terdapat dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh menjasi jauh lebih kuat.

2. Mengatasi Mabuk Perjalanan

Jahe merah dikenal memiliki sifat anti-mual, tanaman yang satu ini bisa membantu mengatasi mual saat hendak berpergian jauh. Manfaat yang lain ialah rasa hangat yang dihasilkan oleh jahe merah membuat perut dan juga tenggorokan menjadi terasa lebih nyaman dan juga menjadi tidak mudah terserang penyakit flu.

3. Meredakan Tenggorokan

Orang awam juga sebagian besar tahu bahwa jahe bisa menghasilkan efek hangat saat di konsumsi sehingga dapat meredakan tenggorokan kamu yang sedang bermasalah. Mengonsumsi jahe merah juga sangat cocok untuk orang yang sedang menderita sakit pada tenggorokan atau menderita sakit batuk yang membuat tenggorokan menjadi gatal.

4. Meredakan Morning Sickness

Morning sickness merupakan kondisi mual dan muntah yang di alami oleh wanita dalam keadaan hamil, biasanya dialami pada trimester pertama. Untuk mengatasinya dianjurkan agar mengonsumsi minuman ataupun makanan yang berbahan dasar jahe merah.

5. Meningkatkan Kesuburan

Bagi wanita umumnya kesuburan menjadi hal yang sangat penting karena berkaitan erat dengan reproduksi.

Jahe merah memiliki kandungan L-arginine yang berfungsi untuk membantu kelancaran sirkulasi darah di dalam tubuh. Secara tidak langsung, juga bisa membantu memperlancar pasokan oksigen menuju rahim dan ovarium sebagai tempat sel telur diproduksi.

Jika mekanisme tersebut berjalan lancar, maka kemungkinan pembuahan juga akan lebih tinggi.

6. Anti Aging Alami

Manfaat jahe merah lainnya ialah untuk wanita bisa sebagai anti asing yang alami.

Kandungan antioksidan jahe merah membantu menjaga kulit menjadi tampak lebih cantik dan sehat. Manfaat lainnya juga bisa menangkal radikal bebas yang dapat mempercepat kerusakan kolagen dalam kulit. Kandungannya juga rupanya dapat membantu meningkatkan elastisitas dan kehalusan dari kulit.

7. Mencegah Inflamasi Usus

Menjaga pencernaan agar kesehatan terjaga menjadi suatu hal yang penting. Mengonsumsi jahe merah bisa menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan dikarenakan berbagai komponen zat aktifnya dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan manusia.

Komponen aktif zingeron pada jahe merah juga dapat menghambat enzim yang umumnya memicu radang pencernaan.

8. Jahe Merah Dapat Mengobati Masuk Angin

9. Jahe Merah Dapat Mengatasai Sembelit

10. Jahe Merah Dapat Menghilangkan Alergi

11. Jahe Merah Dapat Meredakan Nyeri Lambung

12. Jahe Merah Dapat Mengobati Amandel

13. Jahe Merah Dapat Mengobati Asma

14. Jahe Merah Dapat Mengatasi Tulang Keropos

15. Jahe Merah Dapat Mengobati Reumatik


One Reply to “Manfaat Luar Biasa Jahe Merah”

Tinggalkan Balasan