KUNYIT DENGAN MANFAAT LUAR BIASA

Read Time2 Minutes, 48 Seconds

Mengurangi Resiko Leukimia

Penelitian yang dipresentasikan pada saat konferensi mengenai leukimia yang diselenggarakan di kota London, memberikan bukti bahwa mengonsumsi makanan yang dibumbui dengan kunyit bisa mengurangi risiko terkena penyakit leukimia.

AdaProf. Moolky Nagabhushan dari Loyola University Medical Centre, Chicago, IL yang sudah hampir 20 tahun melakukan studi mengenai efek curcumin.

Dalam studinya moolky mengatakan bahwa curcumin dalam kunyit dapat Menghambat mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) (bahan kimia karsinogenik yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar berbasis karbon termasuk asap rokok.

Kandungan Curcumin pada Kunyit Mencegah pembentukan amina heterosiklik yang berbahaya dan senyawa nitroso, yang terdapat pada makanan olahan tertentu, seperti produk daging olahan yang juga mengandung nitrosamin.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan Kurkumin di dalam kunyit adalah meningkatkan fungsi endotelium yang merupakan lapisan pembuluh darah Anda. Endotelium merupakan penyebab utama penyakit jantung karena ketidakmampuannya untuk mengatur tekanan darah, pembekuan darah, dan berbagai faktor lainnya. Kurkumin dapat meningkatkan kesehatan jantung dan kunyit membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah pembekuan darah untuk mencegah serangan jantung.

Sebagai Obat Depresi

Kunyit kaya akan karotenoid dan vitamin B. Hal ini membantu untuk meningkatkan kadar serotonin dan juga bahan kimia penting lainnya di otak. Kunyit juga kaya dengan polifenol yang dikenal sebagai kurkumin yang sangat efektif dalam pengobatan depresi. Kurkumin dapat meningkatkan tingkat neurotransmiter seperti serotonin dan dopamin sehingga membuat pikiran menjadi lebih baik. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjadikan kunyit sebagai obat depresi salah satunya dengan menambahkan kunyit ke dalam masakan.

Membantu Menunda Penuaan

Kunyit adalah salah satu rempah yang mengandung antioksidan tertinggi pada skala ORAC. ORAC, yang merupakan singkatan dari Oxygen Radical Absorbance Capacity, adalah skala yang mengukur jumlah dan aktivitas antioksidan dalam makanan. Kunyit memiliki antioksidan sangat penting untuk melindungi integritas kulit dengan mencegah radikal bebas dari merusak tekstur dan elastisitasnya. Antioksidan juga melindungi kulit dari sinar ultraviolet, salah satu kontributor utama tanda penuaan yang terlihat. Jika ingin kulit tetap kencang, Anda dapat mengonsumsi kunyit yang dapat diolah menjadi minuman maupun ditambahkan ke dalam bumbu pada masakan.

Meningkatkan Kapasitas Antioksidan Tubuh

Antioksidan dapat melindungi tubuh kita dari radikal bebas. Kurkumin yang terdapat di dalam kunyit menjadi salah satu antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas karena struktur kimianya. Selain itu, kurkumin juga meningkatkan aktivitas enzim antioksidan dalam tubuh dan merangsang pertahanan antioksidan tubuh. Kunyit dapat dijadikan salah satu alternatif agar dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh dengan dijadikan sebagai minuman seperti jamu.

Meningkatkan Fungsi Hati

Penelitian yang dilakukan dengan objek studi tikus yang dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh kunyit pada kemampuan hati untuk mendetoksifikasi xenobiotik (beracun) bahan kimia, kadar dua enzim detoksifikasi hati sangat penting secara signifikan meningkat pada objek percobaan tikus yang diberi makan kunyit dibandingkan dengan yang tidak diberikan kunyit. Para peneliti berkomentar, Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kunyit dapat meningkatkan sistem detoksifikasi selain sifat antioksidan.

Kunyit Untuk Kecantikan

  • Menghilangkan Noda bekas jerawat
  • Membuat kulit menjadi lebis halus
  • Bisa membuat kulit terlihat lebih kencang dan awet muda
  • Mengobati kulit berminyak karena bisa mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit
  • Mengobati Jerawat
  • Menyamarkan kerutan
  • Bisa dijadikan sebagai pewarna rambut yang alami
  • Mencegah terjadinya penuaan dini
  • Mengurangi bulu pada kulit
  • Mengatasi Rambut Rontok
  • Membantu mengangkat sel – sel kulit mati
  • Mengatasi rambut berketombe
  • Bisa menghaluskan kulit tumit dan siku
  • Melembabkan kulit yang kering
  • Membuat kulit gelap menjadi lebih cerah dan putih.
  • Manfaat kunyit untuk kesehatan memang sangat banyak sekali, manfaatkan lah untuk meningkatkan fungsi tubuh dan kesehatan kita. Cara penggunaannya dapat dilakukan dengan berbagai hal seperti dalam bumbu masakan, bubuk, direbus, atau dimakan langsung jika bisa.
0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close