Jika gejala yang ditimbulkan tidak terlalu parah orang terkena sakit tipes biasanya tidak akan langsung diopname melainkan dilakukan rawat jalan. Dokter akan mencoba memberikan obat antibiotik atau obat penurun demam agar penyakitnya tidak bertambah parah. Selain bantuan obat yang diberi oleh dokter ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu akukan untuk mengobati penyakit tipes yang kamu derita.

Berikut tips/cara untuk mengobati tipes tanpa opname :

1. Makan

  • Yang Memiliki Tinggi kalori : Makanan yang memiliki kalori tinggi menyediakan cukup energi bagi sistem imun manusia melawan infeksi agar bisa pulih lebih cepat. Selain itu, makanan yang emiiki tinggi kalori membantu mencegah penurunan berat badan saat kamu sakit tipes.
  • Yang Memiliki Tinggi Protein : Tubuh sangat membutuhkan protein yang cukup untuk menghasilkan sel-sel yang baru dan sehat, berfungsi memperbaiki jaringan tubuh kamu yang rusak akibat peradangan ataupun infeksi.
  • Yang Memiliki Rendah Serat : jika kamu makan makananyang berserat tinggi, artinya kamu semakin memaksa ususmu bekerja lebih keras. Itulah mengapa makan makananan yang rendah serat adalah cara yang baik untuk mengobati diare akibat sakit tipes.
  • Makan Dalam porsi kecil namun sering : makan dengan porsi yang lebih kecil dari porsi biasa kamu makan,akan tetapi tapi lebih sering, dan bisa mencegah Anda merasa mual karena makan terlalu banyak.

2. Minum Air Putih yang Banyak

Minum air putih yang cukup bisa membantu menggantikan cairan tubuh dan kandungan elektrolit yang hilang saat terkena tipes.

3. Istirahat Sebanyak Mungkin

Tidur merupakan cara untuk mengobati tipes yang paling ampuh. Tidur memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat membantu memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak karena infeksi bakteri Salmonella typhi.

4. Jaga Kebersihan Diri dan Sekitar

Kamu wajib cuci tangan setelah buang air kecil, buang air besar, dan sebelum ataupun sesudah menyiapkan makanan dengan air bersih menggunkan sabun.

Apabila tidak, Kamu sangat mungkin menyebarkan bakteri ke benda sekitar yang kamu sentuh. Orang lain yang juga telah menyentuh barang tersebut bisa tertular bakteri tipes. Orang lain juga masih bisa tertular jika bersentuhan kulit dengan Kamu yang tidak cuci tangan.

2 Replies to “Mengobati Tipes Tanpa Harus Opname”

Tinggalkan Balasan