12 Tips Menyetir Aman Siang dan Malam

Read Time2 Minutes, 45 Seconds

1. Memahami Rute Jalan Tol Yang Akan Dilalui

Sebelum menjajal rute jalan tol sebaiknya kamu gali informasi sebanyaknya mengenai rute jalan tol yang akan kamu lalui. Cara yang termudah ialah dengan menggunakan aplikasi Google Map. Menggunakan fasilitas Google Map sangat membantu menentukan informasi jarak tempuh jalan yang akan kamu lewati. Memperoleh Informasi rute jalan tol juga dapat kamu dapatkan dengan bertanya ke petugas jalan tol yang ada di gerbang-gerbang jalan tol yang nantinya akan kamu lewati.

2. Jaga Jarak Aman

Tips berikut ini merupakan salah satu tips yang palig terpenting. Memastikan jarak aman memang sudah seharusnya diketahui serta dipatuhi oleh semua pengendara untuk keselamatan diri. Jarak yang ideal antara kendaraan dengan kendaraan lain adalah sekitar 10 sampai 20 meter.

3. Perhatikan Rambu-Rambu Kecepatan Jalan

Jika kamu perhatikan pada sisi bagian kiri jalan tol selalu diberikan informasi mengenai kecepatan yang diperbolehkan untuk melaju di sepanjang jalan tol tersebut. Pada umumnya untuk melaju di jalan tol minimal kecepatan 60 km/jam dan maksimal 80 km/jam dan tergantung tingkat kesulitan jalan. Ada juga yang merekomendasikan antara 80 km/jam sampai 100 km/jam.

4. Hindari Panik

Jika tiba-tiba mobil Kamu mogok atau mengalami masalah yang cukup parah, usahakan untuk tetap tenang dan jangan sesekali melakukan pengereman secara mendadak. Lakukan pengereman secara perlahan sambil menyalakan lampu sein sambil mencari area parkir darurat yang aman berada di sisi bahu jalan sebelah kiri.

5. Pastikan Tidak Melakukan Pengereman Mendadak

Mengerem secara mendadak bisa membahayakan kamu sendiri maupun pengendara lain dibelakang maupun samping Kamu. Jadi, sebisa mungkin hindari cara mengerem mendadak.

6. Selalu DIjalur Lambat

Jika kamu masih ragu dan takut menyetir hingga kecepatan tinggi dan ingin berjalan dengan kecepatan yang lambat, pastikan kamu tidak menggunakan jalur kanan dalam tol. Jalur kanan merupakan jalur untuk kendaraan yang ingin mendahului kendaraan lain, sebaiknya kamu menggunakan jalur lambat untuk kenyamanan diri Kamu sendiri dan juga pengendara lain. Kecepatan ideal ketika berada di dalam jalan tol berkisar antara 60-80 km per jam jika Kamu berada di jalur paling kiri atau jalur lambat.

7. Gunakan Rem dan Transmisi dengan Benar

8. Fokuskan Pandangan ke Arah Marka Jalan dan Hindari Menatap Sinar Lampu Mobil Lain Pada Saat Menyetir di Malam Hari

9. Pastikan Uang Didalam E-Tol Tersedia

Penggunaan E money sebagai pembayaran uang masuk jalan tol sekarang sudah menjadi hal yang wajib dibebrapa ruas jalan tol. Karena beberapa ruas jalan tol sudah tidak melayani dengan pembayaran tunai (chase) maka pastikan terlebih dahulu bahwa saldo kartu e-tol yang kamu miliki mencukupi untuk perjalanan yang akan kamu tempuh.

10. Gunakan Lampu Sein Ketika Akan Berpindah Lajur

Setiap akan berpindah lajur, kamu jangan lupa untuk selalu menyalakan lampu sein, hal tersebut memberikan isyarat pada pengendara lain yang berada di belakang Anda. Sehingga pengendara lain mengetahui situasi anda dan menjaga jarak.

11. Menepilah Saat Mengantuk dan Lelah

Kamu bisa memanfaatkan Fasilitas Rest Area jika memang kamu rasa kamu tidak cukup mampu melanjutkan perjalanan. Jika jarak Rest Area masih cukup jauh untuk ditempuh anda bisa memanfaatkan badan jalan Tol namun harus berhati-hati saat menepi, apalagi pada saat malam hari, gunakan lampu untuk memberitahu keberadaan kendaraan kamu.

12. Hindari Menyalip dari Lajur Kiri

Sebagian besar pengendara mobil kurang memperhatikan bagian kiri mobil, sehingga kalau kamu berniat mendahului dari sisi kiri ini akan sangat berbahayadan sangat berpotensi terjadi kecelakaan dari pada dari sisi sebaliknya yaitu sisi kanan. Makanya lajur kiri dalam peraturan lalu lintas disebut juga dengan jalur lambat dan bukan lajur untuk mendahului pengendara lain tentunya.

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close