Lontong merupakan makanan tradisional yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat indonesia khususnya. Seringkali bila tidak sempat makan nasi maka membeli lontong menjadi pilihan untuk pengganti nasi.

Kuah lontong sayur sendiri, terbuat dari santan yang tinggi lemak dan kalori. Meskipun namanya ada kata sayur, sebenarnya tidak terdapat sama sekali kandungan serat pada kuahnya, karena biasanya lontong sayur berisi nangka dan labu yang sudah diproses dengan waktu yang begitu lama sehingga kehilangan nutrisi pentingnya.

Tidak melulu buruk Santan segar juga baik untuk kesehatan dikarenakan mengandung lemak sehat yang juga baik untuk kekebalan tubuh dan perkembangan otak. Namun menurut dr. Phaidon Touran, ketika santan dimasak dan dipanaskan berkali-kali, maka lemak baik yang terkandung akan berubah menjadi lemak jahat.

Baca Juga :

Menurut pakar kesehatan Mehmet Oz, MD dan Michael Roizen, MD, lemak jahat pada santan memberi efek buruk antara lain bisa menyumbat arteri, peradangan, depresi sampai penuaan otak. Selain itu juga, sayuran yang direbus dalam waktu yang sangat lama dalam proses pembuatan lontong sayur, membuat asupan nutrisi yang terkandung di dalamnya akan berkurang, sehingga yang mengkknsumsi tidak mendapatkan kebaikan manfaatnya dengan optimal.

Lontong memiliki tekstur yang benyek, pada 100 gram lontong kamu akan mendapatkan 144 kkal, 2,72 protein, 0,82 gram lemak, dan 31,56 gram karbo. Jumlah itu terlalu sedikit dan kamu butuh mengkonsumsi lontong yang lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuhmu.

Manfaat Mengkonsumsi Lontong Sayur :

  • Harga Bersahabat (Murah meriah)
  • Gampang ditemukan (sampai pelosok)
  • Solusi cepat untuk ibu yang malas masak dipagi hari (hihi)
  • Santan Mengandung Lemak Baik (kalau proses memasaknya benar)

Bahaya Mengkonsumsi Lontong Sayur :

Jika dipanaskan berkali kali ataupun terlalu lama lemak pada santan akan berubah menjadi lemak jahat (Kolesterol) yang dapat menyumbat arteri, peradangan, depresi sampai penuaan otak.

Baca Juga :

Sarapan lontong memang meberikan manfaat yang cukup banyak serta praktis, namun harus diperhatikan juga ya. Sebaiknya disarankan mengkonsumsi Lontong Sayur untuk tidak terlalu sering mengingat bahaya yang mungkin bisa timbul akibat mengkonsumsi lontong sayur tersebut.

Sup krim jagung dengan roti gandum dapat jadi pilihan yang lebih baik jika kamu ingin alternatif sarapan berkuah yang sehat. Jika tetap ingin makan lontong sayur, sebaiknya porsinya juga hanya setengah dari porsi biasanya.

Salam Sehat,

Tinggalkan Balasan