Jam dinding sudah menunjukkan pukul 2.00 dini hari dan Anda masih juga belum bisa memejamkan mata. Siapa pun yang mengalami hal ini pasti kesal luar biasa, apalagi kalau keesokan harinya Anda mempunyai agenda penting di kantor yang membutuhkan banyak energi.

Faktanya gangguan tidur lebih dari setengahnya dialami oleh wanita. Mempunyai masalah sulit tidur sebaiknya tak dibiarkan begitu saja karena bisa memicu gangguan kesehatan. Anda tentu tahu bahwa pada saat tidur adalah kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat dan memulihkan diri, sekaligus meregenerasi sel-sel tubuh. Nah, berikut ini adalah cara mengatasinya dengan mudah.

Jangan buru-buru mengonsumsi obat tidur bila Anda mengalami permasalahan kesulitan tidur ini karena dengan upaya yang cukup sederhana Anda dapat mengatasinya.

Mengatasi masalah sulit tidur dengan mudah

  1. Bersihkan kamar – Mungkin salah satu penyebab Anda sulit terlelap adalah keadaan kamar yang kurang kondusif, misalnya kurang bersih, terlalu gerah, terlalu dingin, atau banyak nyamuk. Karena itu demi mendapatkan tidur yang berkualitas benahi dulu kamar tidur Anda. Singkirkan barang-barang yang tidak berhubungan dengan aktivitas istirahat dari tempat tidur. Ganti seprei secara teratur agar Anda merasa nyaman berbaring di atasnya. Bila memungkinkan pindahkan meja kerja dari kamar agar saat beristirahat Anda tak teringat dengan pekerjaan yang belum beres.
  2. Aroma terapi – Untuk memancing perasaan rileks dan mengantuk cobalah menggunakan aroma terapi, misalnya memasang pengharum ruangan atau memakai pelembut kain untuk seprei Anda dengan aroma lavender. Aroma Lavender memang dikenal dapat membuat sesorang menjadi lebih santai serta memunculkan perasaan bahagia.
  3. Mengatur jadwal tidur – Mulai sekarang cobalah membuat tubuh Anda lebih teratur mengikuti jadwal. Bisa jadi  insomnia yang melanda dipicu oleh waktu tidur yang tak teratur atau karena sering begadang. Tentukan waktu tidur yang paling ideal, misalnya pukul 10.00 malam dan Anda harus menepatinya dengan bergegas berbaring di tempat tidur pada jam tersebut. Dengan begitu lama-kelamaan Anda akan terbiasa dan secara otomatis pada jam tersebut Anda anak merasa mengantuk.
  4. Hindari terlalu banyak makan – Makan yang terlalu banyak serta dengan menu yang berat menjelang tidur bukanlah hal yang bijaksana karena perut Anda akan merasa tidak nyaman. Hal ini akan membuat Anda sulit terlelap. Makan malam idealnya dilakukan paling sedikit 2 jam sebelum tidur agar tubuh mempunyai waktu untuk mencerna sebelum Anda beristirahat.
  5. Hindari olahraga berlebihan – Waktu berolahraga paling ideal adalah di pagi hari karena dapat memicu kesulitan tidur bila dilakukan di waktu malam. Alasannya adalah tubuh akan menghasilkan hormone adrenalin saat bergerak secara intens sehingga Anda justru merasa bersemangat dan segar. Jadi sebaiknya hindari pergi ke gym di waktu malam.
  6. Hindari mengonsumsi kopi dan teh – Kedua minuman tersebut mempunyai kandungan kafein yang akan membuat tubuh tetap terjaga, merasa segar, serta membantu otak berpikir lebih kreatif. Ini bisa menjadi masalah bila terjadi di malam hari saat tubuh seharunya beristirahat. Karena itu hindari konsumsi kedua minuman ini menjelang waktu tidur agar tidak menjadi biang keladi gangguan tidur Anda.
  7. Jangan membawa ponsel ke tempat tidur  – Sinar yang terpancar dari layar ponsel Anda akan mencegah tubuh untuk beristirahat dengan lelap dan memicu insomnia. Karena itu hindari bermain ponsel menjelang tidur. Selain itu umumnya orang akan lupa waktu jika sudah keasyikan bermain ponsel sehingga waktu tidur akan berkurang.

Semoga bermanfaat!

One Reply to “Tips Sehat Mengatasi Sulit Tidur Tanpa Obat”

Tinggalkan Balasan