Walaupun sudah beberapa hari yang lalu komedian, actor, dan penyanyi Agung Hercules berpulang, namun hingga kini masih banyak orang yang membicarakan penyebab wafatnya artis yang satu ini. Betapa tidak pria bernama lahir Agung Santoso yang dahulu selalu terlihat sehat, mempunyai bentuk tubuh kekar, serta rambut gondrong sebahu ini takluk oleh kanker otak yang telah menderanya selama beberapa tahun terakhir.

Menurut riset, penyakit kanker yang menyerang otak ini terjadi pada 3 hingga 4 orang pada setiap 100.000 penduduk. Dalam istilah kedokteran, tumor atau kanker adalah massa atau bisa juga jaringan yang tumbuh tidak semestinya, atau abnormal. Dalam kasus artis tersebut tumor ini muncul dan berkembang di jaringan otak.

Meskipun demikian Anda tak perlu khawatir karena tumor tidak selalu mematikan. Lebih dari 70% tumor merupakan tumor yang jinak. Tapi yang terjadi pada Agung Hercules adalah salah satu kanker yang langka dan ganas, yaitu glioblastoma derajat IV.

Cara mencegah kanker otak

Dari berbagai media Anda mungkin banyak mendapat informasi betapa mengerikannya serangan kanker kepada penderita. Namun tak perlu merasa khawatir berlebihan karena penyebab kanker secara spesifik hingga kini belum diketahui, atau dapat dikatakan kanker terjadi karena dipicu oleh banyak faktor. Termasuk faktor-faktor yang tak dapat dikendalikan.

Riwayat penyakit, genetik, jenis kelamin, dan usia adalah hal-hal yang tak dapat dikontrol berkaitan dengan penyakit kanker. Karena itu Anda harus berusaha semaksimal mungkin untuk tetap sehat dengan memodifikasi gaya hidup termasuk pola makan untuk mencegah penyakit ini menghampiri. Simak ulasannya.

1. Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang

Apa yang dimaksud pola makan seimbang dan sehat? Artinya adalah dapat memenuhi asupan makanan harian dengan gizi lengkap serta seimbang. Cukupi kebutuhan tubuh dengan karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan protein dalam jumlah yang direkomendasikan. Hal ini berkaitan dengan berat dan tinggi badan, usia, serta jenis kelamin.

Selain itu konsumsi hidangan yang bersifat memicu kanker atau karsinogenik sesekali saja atau sifatnya rekreatif. Makanan karsinogenik contohnya adalah makanan yang dipanggang, daging olahan, serta makanan kalengan.

2. Olahraga teratur

Olahraga akan membantu menjaga kesehatan secara umum, menjaga berat badan tetap ideal, menunjang metabolism sel, dan mencegah penyakit yang berkaitan dengan metabolic, misalnya diabetes. Porsi berolahraga yang direkomendasikan adalah paling sedikit setengah jam t, 3 sampai 5 kali seminggu. Olahraga juga sarana yang baik untuk mengurangi stress serta memicu produksi hormone endorphin yang memunculkan perasaan santai dan bahagia.

3. Jaga berat tubuh ideal

Salah satu sel yang memperbesar peluang munculnya sel kanker adalah Insulin. Mereka dengan berat badan yang berlebihan atau kegemukan berpotensi membuat insulin menjadi resistan dan jumlahnya lebih banyak dalam tubuh. Dengan begitu resiko terserang kanker pun meningkat, termasuk kanker otak.

4. Jauhi rokok dan alkohol

Radikal bebas dalam tubuh juga dapat memicu kanker karena meningkatkan peluang tumbuhnya anomaly sel. Zat-zat yang terkandung dalam rokok diketahui menyebabkan terjadinya radikal bebas. Tidak hanya perokok aktif, mereka yang turut menghirup asap rokok atau perokok pasif juga mempunyai resiko yang sama.

5. Istirahat berkualitas

Pastikan tidur malam atau istirahat Anda berkualitas untuk menghindari tubuh memproduksi hormone stress. Tubuh yang mengalami stress atau tekanan akan menyebabkan peningkatan hormone kortisol yang berkontribusi pada terjadinya sel-sel abnormal dan gangguan kesehatan lain.

Semoga informasi tentang cara mencegah kanker otak ini bermanfaat!

One Reply to “5 Cara Mencegah Kanker Otak Seperti Agung Hercules”

Tinggalkan Balasan