Sejarah Bir dan Jenisnya

Read Time1 Minute, 18 Second

Dikutip dari Wikipedia proses pembuatan minuman bir disebut dengan brewing. Karena bahan yang digunakan dalam membuat bir berbeda satu tempat dengan tempat lainnya, maka karakteristik bir juga menjadi berbeda baik jenis, rada, maupun klasifikasinya.

Al) llbiasanya berkisar antara 4 persen sampai dengan 6 persen abv (alcohol by volume), walaupun ada yang juga kurang dari 1% z.

Bir merupakan salah satu minuman yang paling tua yang pernah dibuat oleh manusia, yaitu sekitar tahun 5000 SM tercatat di dalam sejarah yang tertulis di bukti sejarah Mesir Kuno dan Mesopotamia. Karakter bir telah berubah secara drastis sepanjang ribuan tahun. Walaupun umumnya bir merupakan minuman yang mengandung alkohol, namun ada beberapa variasi di beberapa dunia Barat, s yang dalam proses pengolahannya membuang hampir seluruhnya kadar alkoholnya.

    Lager. 

    Lager meeupakan jenis bir yang difermentasi dengan tingkat yeast yang lemah pada temperatur yang rendah (7 – 12 C) sehingga waktu fermentasinya berlangsung lebih lambat dari pembuatan bir biasanya.

    Pale Ale.

    Pembaca novel Lima Sekawan pada era 80an pasti pernah mendengar ginger ale. Ale merupakan jenis bir yang difermentasi dengan tingkat yeast yang kuat pada temperatur yang lebih tinggi sekitar 12 – 15 C sehingga waktu fermentasinya juga menjadi lebih singkat dibandingkan jenis ‘Lager’.

    Pilsner. 

    Mengalami tingkat fermentasi yang kuat pada temperatur suku (15 – 24C) Pilsners memiliki karakteristik ringan dan lebih gelap jika dibandingkan dengan Bir Lager maupun Bir Ale.

    Stout. 

    Stout merupakan bir hitam yang dihasilkan dari bahan malted barley yang dipanggang hingga matang. Stout memiliki rasa yang lebih pahit dibandingkanj.

    Special Beer.

    Bir ini adalah sejenis bir  yang dibu(rasa pahit dan asam)  melebihi bir biasa dan bisa disimpan lebih lama layaknya wine.

    0 0
    Happy
    Happy
    0 %
    Sad
    Sad
    0 %
    Excited
    Excited
    0 %
    Sleppy
    Sleppy
    0 %
    Angry
    Angry
    0 %
    Surprise
    Surprise
    0 %

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Close