Kehamilan merupakan hal yang ditunggu bagi pasangan suami isteri yang telah menikah. Tentunya calon ibu ingin proses kehamilan hingga nanti persalinan berjalan dengan lancar.

Untuk itu perlu sekali untuk seorang ibu hamil ketahui bahwa dengan cara mengenali umur kehamilan, bagi ibu hamil bisa mengetahui perkembangan ataupun pertumbuhan organ apa saja yang tengah terjadi pada kondisi janinnya, apa saja kebutuhan yang diperlukan oleh janin dan hal apa aja yang boleh maupun tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil selama umur kehamilan.

Selain dari itu, dengan mengetahui umur kehamilan juga bisa mengetahui kapan saja jadwal pemeriksaan yang tepat dilakukan baik ke dokter atau ke petugas medis, sehingga kehamilan diharapkan menjadi sehat dan lancar hingga proses persalinan.

Ada satu cara yang paling populer dipakai untuk menghitung umur kehamilan, yaitu dengan menggunakan patokan HPHT.

Cara menghitung umur kehamilan berdasarkan HPHT ini juga dikenal dengan nama rumus Naegele. Rumus ini dipercaya merupakan cara yang terbaik bagi para ibu hamil yang juga memiliki siklus haid yang teratur antara 28-30 hari.

Selain juga dapat menghitung umur kehamilan, rumus tersebut juga bisa digunakan untuk menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL).

    Berikut adalah tahapan penghitungan berdasarkan HPPT:

    1. Kapan HPHT.
    2. Tambahkan waktu satu tahun dari HPPT.
    3. Tambahkan waktu tujuh hari.
    4. Mundurkan waktu tiga bulan.

    apabila HPHT mulai tanggal tanggal 15 Juni 2019, hitungannya menjadi:

    • 15 Juni 2019 + 1 tahun = 15 Juni 2020
    • 15 Juni 2020 + 7 hari = 22 Juni 2020
    • 22 Juni 2020 – 3 bulan = 22 Maret 2020

    Berdasarkan perhitungan diatas maka perkiraan saat kelahiran bayi ialah tanggal 22 Maret 2020.

    Bagaimana cara menghitung usia kehamilan apabila tidak ingat HPHT? Nah, untuk ibu cara ini tidak bisa diterapkan untuk wanita yang telah lupa kapan HPHT ataupun wanita yang siklus menstruasinya tidak teratur.

    Apabila kesulitan dengan rumus diatas , bisa menggunakan aplikasi yang berguna untuk menentukan umur kehamilan. Banyak aplikasi yang tersedia dan bisa digunakan, salah satu contoh Kalkulator Usia Kehamilan. Aplikasi Kalkulator usia kehamilan ini akan dapat membantu ibu hamil untuk memamntau keadaan janin serta kenaikan berat badan ketika hamil.

    Pada beberapa kasus yang terjadi, rumus Naegele yang digunakan untuk memprediksi, ternyata hanya sekitar 4% ibu hamil yang dikatakan melahirkan tepat pada HPL yang telah ditentukan. Namun, 90 persen ibu hamil akan tetap melahirkan dalam waktu rentang kurang lebih dari 3 minggu waktu HPL yang telah di tetapkan.

    Demikian tulisan ini, semoga bisa bermanfaat bagi ibu hamil dalam menentukan umur kehamilannya. Tapi tetap untuk melakukan konsultasi dengan dokter ya, agar kondisi ibu hamil dan janin tetap sehat sampai waktu bersalin tiba.

    Salam.

    Tinggalkan Balasan