Saya dan isteri saya berniat untuk menghabiskan weekend ditempat yang tidak terlalu jauh sehingga waktu yang kami punya tidak terbuang atau terlalu diburu.

Kami berangkat jumat sore karena kami ingin menginap dulu di kota siantar. Kami menginap di Hotel Horison Pematang Siantar yang belokasi di Jalan Medan. Sekedar informasi, Hotel cukup rekomended dengan harga yang diberikan. Kondisi Kamar bersih dan Sarapan yang disediakan juga cukup bervariasi serta enak.

Nah tibalah saatnya untuk kami berpetualang seharian penuh. Berikut daftar tempat yang kami kunjungi selama satu hari di kota pematang siantar.

Kebun Binatang Siantar Zoo

Tempat ini selalu ramai dikunjungi pada weekend maupun hari libur, jadi kalau ingin suasana tenang dan santai coba untuk berkunjung selain hari tersebut, hehe. Parkiran juga akan sangat susah ditemukan jika kondisi sedang ramai. Di Siantar Zoo kamu bisa melihat beraneka satwa yang menurut saya lumayan lengkap mulai dari yang kecil kecil seperti reptil hingga yang besar seperti Kuda Nil dan Banteng.

Koleksi binantang buasnya juga cukup lengkap seperti buaya,harimau dan singa. Tapi yang paling membuat saya penasaran ialah Harimau Putihnya, keren sekali dan cantik menurut saya. Di sekitaran wilayah kebun binatang anda juga bisa mendapati arena bermain dan bersantai untuk anak anak dan Dewasa

Patung Dewi Kwan Im

Patung Dewi Kwan Im yang dibangun di area Vihara Avalokitesvara, di Jalan Pane, Kel. Simalungun, Kec. Siantar Selatan yang bisa dengan mudah dijangkau dikarenakan lokasi yang strategis di Pusat Kota Pematang Siantar.

Patung ini menjadi pusat perhatian dikarenakan memiliki tinggi yang mencapai 22,8 meter.

Kemegahan dan tinggi dari patung tersebut, maka MURI (Museum Rekor Indonesia) menobatkannya menjadi patung Dewi Kwan Im yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2008. Penjaga Vihara mengatakan Vihara ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan berasal berbagai daerah dan juga wisatawan yang berasal dari luar negeri untuk berwisata Religi.

Kebun Teh Sidamanik

Kebun Teh ini berada di salah satu Perkebunan milik PTPN IV Bah Butong, Sidamanik dan Tobasari, di Kec. Sidamanik, kabupaten Simalungun, kota Pematang Siantar. Dari kota siantar anda akan memerlukan waktu tempuh sekitar 40 menit untuk tiba dilokasi. Di perkebunan teh Bah Butong juga terdapat air terjun Bah Biak yang masih sejuk dan asri. Namun karena kondisi jalan yang cukup memperhatinkan kami memutuskan untuk tidak kesana. Saran saya berkunjung kesini dilakukan di pagi hari atau sore hari, karena jika di siang hari matahari cukup terasa dikulit dan kepala. Diaini juga tersedia berbagai oleh oleh yang di jual dipinggiran jalan, seperti teh Hijau dan Teh Hitam.

Mie Pangsit Simpang Empat Siantar

Setelah berkeliling seharian akhirnya perut kami mulai lapar, kami segera menuju lokasi tempat makan favorit saya yaitu Mie Pangsit Gajah yang berloksi di Simpang Empat pematang siantar. Disini makan yang dijual cukup bervariasi ada Mie Pangsit Kuah, Mie Goreng, Nasi Goreng, dll. Yang menjadi ciri khas tempat makan ini ialah porsinya yang cukup besar, mungkin ini yang mengilhami nama mereka karena posrinya besar seperti gajah, hehe

Toko Roti Ganda Pematang Siantar

Toko ini terletak di pusat kota di jalan Sutomo siantar. Yang ditawarkan Roti Ganda sebenarnya sederhana, hanya roti tawar ukuran besar (loaf) beroles meses atau selai srikaya.

Disini juga ada juga roti ukuran kecil yang bisa dicicip oleh pembeli. Roti tawar di sini selalu dibuat baru setiap harinya, begitu juga dengan selainya. Untuk meraciknya, roti dibelah dua secara vertikal lalu dioles mentega putih untuk meses atau selai srikaya.

Tak ada takaran tertentu untuk menabur jumlah meisjes di atas roti. Pekerja hanya perlu membalurkan sebanyak mungkin meisjes hingga menempel merata di mentega putihnya. Dan untuk selai srikayanya, juga dioles dalam jumlah yang royal (tidak dibatasi) .

Demikian jalan jalan singkat versi kami dalam satu hari, semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mengunjungi kota pematanh siantar, salam rekreasi!!