1. Ombus-Ombus

Ombus-ombus sendiri memiliki arti hembus-hembus karena pada saat memakannya akan ada rasa panas dari dalam sehingga secara refleks kita akan meniup atau menghembus ke arah makanan agar dingin. Bahan yang dipakai dalam membuat ombus-ombus tidak berbeda jauh dengan bahan pembuat lapet yaitu tepung beras, kelapa parut, dan juga gula aren. Yang membedakannya ialah susunannya.

2 Dali Ni Horbo

Bentuk dan tekstur makanan ini mirip sekali dengan tahu, namun bahan pembuatnya jauh berbeda. Dali Ni Horbo merupakan makanan yang dibuat dari susu kerbau. Rasanya tawar dan ada bau amis sedikit.

3. Itak Gurgur

Makanan sangat sering dihidangkan saat berkumpul bersama keluarga ataupun sedang kedatangan tamu. Itak gurgur dibuat dari adonan itak yang telah dicampurkan parutan kelapa juga dicampur dengan gula pasir kemudian air panas.

4. Lapet

Lapet memiliki bentuk limas segiempat ataupun bentuknya seperti nasi bungkus . Bahan pembuatannya terdiri atas tepung beras, kelapa parut , kemudian bahan tersebut dicampur menggunakan gula aren ataupun bisa gula merah.

5. Kacang Sihobuk

Nama sihobuk sendiri diambil dari nama sebuah desa yaitu desa Sihobuk yang berada di Sumatera . Rasa kacang ini sendiri gurih dan nikmat. Cemilan ini merupakan cemilan yang paling gampang ditemukan di pinggiran jalan Daerah Toba.

6. Tipatipa

Tipatipa terbuat dari bahan olahan padi yang telah tua, padi tersebut ditumbuk hingga menjadi pipih.

7. Sasagun

8. Sira Pege

Saat ini, makanan khas Batak ini sangat sulit untuk ditemukan. Sira pege dulu merupakan menu yang wajib ketika akan menyantap ikan mentah. mirip dengan dengan sushi yang ada di negara Jepang.

9. Gadong

Bahan yang digunakan sebagai pembuat makanan juga mirip dengan bahan membuatlapet. Bedanya jika lapet dimasak dengan cara dikukus gadong dimasak dengan cara digoreng.

10. Mie Gomak

Karena begitu kompleks dan beragamnya budaya batak dimungkinkan lebih banyak lagi makanan yang belum masuk kedalam daftar. Semoga Tulisan ini bermanfaat bagi pembaca.

Salam Sehat.

One Reply to “10 Cemilan Unik Khas Batak Toba Dengan Rasa Nikmat”

Tinggalkan Balasan