Saya punya pengalaman ingin membeli bumbu ini di warung yang memang bukan didaerah sekitaran tempat tinggal saya, namun yang punya warung ketika saya katakan ingin membeli andaliman ibunya malah bingung. Nah, berdasarkan pengalaman tersebut saya ingin coba berbagi informaai mengenai bumbu yang bagi orang batak ini sangan khas.

Andaliman merupakan tanaman bumbu masak khas berasal Asia yang diambil dari kulit luar buah dari jenis tumbuhan dengan marga Zanthoxylum.  Bumbu ini di Indonesia dikenal sebagai bumbu untuk masakan khas suku Batak, juga dikenal oleh orang luar daerah sebagai “merica batak”. Masakan khas Batak seperti masakan arsik dan saksang menjadikan bumbu andaliman sebagai bumbu yang tak akan tergantikan. Andaliman mempunyai  aroma jeruk yang lembut khas namun “menggigit”. 

Baca Juga : Mengenal 6 Rumpun Suku Batak

Andaliman dengan nama latin Zanthoxylum acanthopodium DC ialah tumbuhan yang termasuk kedalam famili Rutaceae. Dilihat secara geografis, persebaran andaliman sendiri banyak tumbuh di Cina dan Himalaya. Sedangkan di Indonesia sendiri, tumbuhan ini banyak ditemukan tumbuh secara liar di beberapa daerah Sumatera Utara, andaliman tumbuh di ketinggian antara 1.200 – 1.400 mdpl.

Bentuk andaliman sendiri kecil dan mirip dengan merica, andaliman juga sering dijuluki sebagai merica khas batak. Andaliman merupakan jenis tumbuhan semak, berdiri tegak, dengan tinggi bisa mencapai tinggi 5 meter. Andaliman juga memiliki aroma yang sangat unik mirip seperti halnya wangi buah lemon. Didalam Buah andaliman sendiri terkandung senyawa aromatik dengan rasa yang pedas dan getir yang khas, juga hangat. Mulai dari batang sampai daunnya ditumbuhi duri. Daunnya sendiri melebar, bertangkai, majemuk menyirip beranak daun gasal. Daun andaliman juga mengandung kelenjar minyak.

Baca Juga : Khasiat Dan Mafaat Tuak Manis

Berdasarkan penelitian yang dilakukan  oleh Benedicta Lamria Siregar (2012) dan dipublikasikan di  majalah ilmiah ‘Media Unika’, dikatakan bahwa biji andaliman tersebut sulit berkecambah. Petani andaliman biasanya tidak memperbanyak sendiri tanaman ini, namun mereka menggunakan bibit yang masih liar. Petani tanaman andaliman percaya bahwa proses perkecembahan biji andaliman diperantarai oleh jenis burung tertentu.

Disamping berfungsi untuk bumbu masakan tradisional khas batak, beberapa penelitian tentang andaliman juga membuktikan bahwa, buah andaliman mempunyai  aktivitas antioksidan dan juga antimikroba. Seperti yang dikutup dari laman perkebunan.litbang.pertanian.go.id, minyak atsiri yang didapat dari buah andaliman terdiri dari beberapa zat senyawa terpen seperti geraniol, linalool, dan limonen, yang dikatakan juga memiliki sifat antioksidan.

Baca Juga :

Selain itu, serbuk dari buah andaliman dapat menghambat pertumbuhan bakteri seperti bakteri Eschericia coli, bakteri Salmonella typhimurium, bakteri Bacillus cereus, bakteri Staphylococcus aureus dan bakteri Pseudomonas fluorescens.

Berdasarkan sifat antioksidan dan juga Anti mikroba nya,  buah andaliman memiliki potensi sebagai bahan pengawet yang alami.

Tips Memilih

Disarankan pilihlah andaliman yang sudah kering, tidak lembab, dan juga beraroma menyengat. Hal yang disebutkan tadi merupakan ciri utama andaliman yang berkualitas bagus.

Cara Penyimpanan

Jika masih memiliki  sisa andaliman yang sudah tak terpakai? Simpanlah dengan cara yang benar agar kualitasnya tetap terjaga. Simpanlah andaliman ke dalam toples yang di buat kedap udara. Pastikan toples tersebut juga dalam keadaan benar-benar kering dan juga bersih agar andaliman bisa jadi awet lebih lama.
Sekian ya info dari saya, semoga tulisan saya bermanfaat bagi semuanya.

Salam

Tinggalkan Balasan